BikersNews

10 Hal yang harus di perhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh/ Touring

Halooo bradah and sistah balik lagi dengan Beranda Bikers! Kali ini Beranda Bikers ingin membahas tentang Hal yang harus di perhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh atau Touring. Ada beberapa aspek nih yang harus para bikers perhatikan sebelum touring. Yuk langsung simak aja.



BerandaBikers.com - Pertama tama kita membahas yang di butuhkan untuk diri sendiri dulu nih. Karena yang terpenting kan dari kitanya dulu baru ke motor kitanya hehehehe

1. KONDISI BADAN

Nah, yang pertama ini sangatlah butuh perhatian untuk perjalanan jauh. Jika kondisi badan tidak sehat ataupun lemah ( pasca sakit ) di anjurkan Touringnya di undur dulu atau di batalkan. Karena kondisi badan ini sangat lah pengaruh untuk perjalanan kita, saat mengendarai motor dan bertahan di alam luar ( jalan ataupun saat camping ).

2. PERLENGKAPAN DIRI SENDIRI

Prepare perlengkapan untuk diri sendiri juga sangat di butuhkan sebelum melakukan perjalanan jauh. Jangan sampai tertinggal, nah biasanya yang jangan sampai tertinggal ini adalah obat obatan pribadi. Karena kita tau sendiri dong kondisi badan kita atau penyakit apa saja ketika kita melakukan perjalanan jauh. Dan baju, celana, handuk, perlengkapan mandi dll juga harus di bawa agar hemat di jalan ehehehhee

3. DANA YANG CUKUP

Jika, dana yang tidak mencukupi ya lebih baik menabung terlebih dahulu untuk melakukan perjalanan jauh. Karena kalau kita memaksakan, kita sendiri akan hanya mendapatkan was was saja tidak dengan kesenangannya. Dikala motor mengalami rusak atau trouble kita sudah ada biayanya itu yang jarang terjadi tetapi harus di perhatikan loh hehehehe

4. MEMPUNYAI TUJUAN

Nah, kalau ini juga perlu loh untuk mengukur dari segi dana dan juga perlengkapan. Karena kalau tidak memiliki tujuan akan bingung sendiri nantinya. Dan juga kita tidak dapat mengukur kemampuan badan kita, dana dan juga perlengkapan yang kita bawa.

5. IZIN KE ORANG TERDEKAT

Kalau masih mempunyai orang tua/ istri/ kerabat/ saudara dll, izinlah ke mereka. Karena mereka pasti akan mendoakan kita saat di perjalanan. Tak lepas juga kita berdoa kepada tuhan untuk selalu di lindungin saat melakukan perjalanan tersebut.

Untuk diri sendiri mungkin sudah cukup segitu, dan sekarang kita beralih ke kendaraan atau motor kita sendiri juga perlu disiapkan loh untuk melakukan perjalanan jauh. Ada 5 Aspek penting juga untuk mempersiapkan motor kita ini.

1. CEK MESIN

Cek mesin sangatlah perlu, karena jika mesin tidak memadai untuk perjalanan jauh lebih baik di tunda terlebih dahulu dan memperbaikinya dulu baru melakukan perjalanan jauh. Jika di paksakan kita akan repot sendiri loh, nanti gak dapet senengnya malah dapet was wasnya doang saat di perjalanan. Sama lah seperti tubuh kita ini, jangan di paksakan hehehe

2. MENGENALI MOTOR 

Mengenali motor kita sangatlah penting. Karena nantinya akan mudah untuk merepair motor kita sendiri jika tidak ada bengkel sama sekali saat kita melakukan perjalanan, Dan juga dapat mengerti apa penyakit dari motor kita sendiri, jadi jika ada kerusakan kita tidak panik ataupun resah. Karena kita sudah tau seluk beluk motor kita sendiri.

3. MEMBAWA PERELENGKAPAN MOTOR

Membawa perlengkapan motor ini sangalah perlu. Perlengkapan motor ini biasanya seperti kunci kunci, tali cargo, sparepart cadangan dll. Ya kalian tahulah apa penyakit motor kalian apa, jadi bawalah kunci kunci untuk keadaan darurat.

4. MEMBAWA SURAT SURAT KELENGKAPAN BERMOTOR

Nah ini sangat penting nih untuk di bawa saat di perjalanan jauh. Di lain untuk identitas kita juga indentitas sang motor juga. Untuk menjaga jaga kejadian yang tidak diinginkan. Dan juga ada pemekrisaan dari pak polisi juga kita bisa aman dan tentram dalam perjalanan.

5. MENGGANTI SPAREPART MOTOR

Mengganti sparepart motor ini juga perlu sebelum melalukan perjalanan. Jadi jika sparepart sudah berumur lama dan juga harus di ganti. Ya lebih baik kita ganti terlebih dahulu, jadi saat perjalanan kita tidak was was lagi. Dan senang saat melakukan perjalanan.

Nah itulah 10 Hal yang harus di perhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh/ Touring versi Beranda Bikers. Jika ada tambahan atau ada yang harus di betulkan langsung komentar saja ya di bawah. Jangan lupa share ke teman teman bikers lainnya! #SalamSatuAspal
BerandaBikers.com © 2014